Sunday 3 November 2019

Bersyukur: Ibadah yang Seringkali Dilalaikan


Bersyukur: Ibadah yang Seringkali Dilalaikan

Syukur merupakan salah satu bentuk ibadah yang agung dalam Islam. Akan tetapi, meskipun ibadahnya begitu spesial, masih banyak di antara kaum muslimin yang seringkali lalai dalam melaksanakannya. Bahkan, justru kita malah sering mengomel kepada Allah atau tidak menerima takdir yang Allah tetapkan kepada kita selaku hamba-Nya. Begitu banyak nikmat yang telah Allah berikan kepada kita selaku makhluk-Nya. Akan tetapi, dari sekian banyak nikmat yang telah Allah berikan kepada seluruh mahluk-Nya di bumi ini, sedikit sekali orang yang memang benar-benar bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan.

Allah Swt. memberikan kita nikmat yang tiada terhingga setiap harinya. Hanya saja, kita tidak menyadari hal tersebut. Setiap napas yang kita hirup, setiap tubuh yang kita gerakan, itu semua merupakan nikmat yang Allah berikan tanpa kita sadari. Kita hanya menganggap nikmat itu berupa harta, jabatan, dan sebagainya. Padahal, nikmat itu bukan hanya yang terlihat oleh mata saja, bukan begitu?

Kita kurang bersyukur atas nikmat-nikmat non-fisik yang Allah berikan. Padahal, nikmat non-fisik dari Allah yang dianugerahkan kepada kita merupakan nikmat yang lebih besar. Apabila kita sadar akan nikmat tersebut, mungkin kita tidak akan henti-hentinya bersyukur atas nikmat Allah yang berikan. Salah satunya adalah nikmat ketenangan hati di setiap keadaan.

Allah Swt berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌۭ

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Q.S. Ibrahim: 7).

No comments:

Post a Comment