Sunday, 31 July 2022

Doa Nabi Ibrahim

(Ibrahim berdoa), "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh, 84 dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian, 85 dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mempusakai surga yang penuh kenikmatan, 

ISTAWA BUKAN BERMAKSUD ALLAH MENETAP DI ATAS ARASY

ISTAWA BUKAN BERMAKSUD ALLAH MENETAP DI ATAS ARASY

Kaedah ulama dalam berinteraksi dengan ayat mutasyabihat.
(ٱلرَّحۡمَـٰنُ عَلَى ٱلۡعَرۡشِ ٱسۡتَوَىٰ)

Lafaz استوى dalam bahasa Arab ditanggung atasnya 15 makna. Daripada 15 itu, ada makna yang layak bagi Allah dan ada yang tidak layak bagi Allah.

Contoh makna layak:
- Menguasai
- Menjaga
- Mengekalkan

Contoh makna tidak layak:
- Lurus
- Masak
- Duduk

Perlu diketahui bahawasanya ayat Al-Quran yang ada padanya lafaz istawa merupakan ayat mutasyabihat. Maka ayat mutasyabihat ini, ia tidak boleh diambil secara literal kerana akan menjadikan ayat al-Quran saling bercanggah antara satu sama lain.

Ada ayat al-Quran mutasyabihat yang lain tentang Allah kalau diambil secara literal seolah-olah mengatakan Allah mengikut keberadaan hambaNya sedangkan ia bukanlah maksud yang dikehendaki bagi ayat tersebut.

Maka pengambilan makna ayat mutasyabihat secara literal ditegah kerana ia menyebabkan ayat al-Quran saling bercanggah.
Percanggahan tersebut pula membawa kepada penisbahan sifat berubah kepada Allah sedangkan perubahan merupakan sebesar-besar tanda makhluk dan Allah mustahil disifatkan berubah daripada suatu keadaan kepada keadaan yang lain.

Sesuatu yang berubah berhajat(memerlukan) kepada sesuatu yang lain untuk mengubahnya. Yang memerlukan kepada pihak lain itu lemah sementara yang lemah ternafilah sifat ketuhanan baginya. 

Jadi, ulama ahlus sunnah waljamaah dalam berhadapan dengan ayat mutasyabihat terbahagi kepada 2 cara.

1. Cara kebanyakan ulama terdahulu(salaf)

Mereka mengekalkan lafaz استوى, tanpa mereka tetapkan makna yang khusus bagi lafaz tersebut dan menyerahkan maknanya kepada Allah.

Maksudnya, mereka beriman bahawasanya Allah bersifat dengan sifat demikian akan tetapi menyerahkan makna ayat tersebut kepada Allah. Daripada makna-makna yang layak, mereka tidak tentukan mana satu yang Allah kehendak (sama ada menguasai, atau menjaga atau mengekalkan) tetapi mereka yakin secara pasti ia bukan dengan makna yang tidak layak seperti duduk atau masak atau lurus.

Kesimpulannya, mereka kekalkan lafaz tanpa memberi sebarang perterjemahan. Menolak makna yang tidak layak dan menyerahkan kepada Allah akan makna bagi lafaz tersebut daripada makna-makna yang layak bagi Allah.

2. Cara kebanyakan ulama terkemudian (khalaf)

Mereka beriman dengan ayat استوى dan mereka memilih mentakwil lafaz tersebut dengan makna yang layak daripada makna-makna yang layak bagi lafaz istawa.

Maka, ada ulama yang memilih makna mengekalkan ada yang memilih dengan makna menguasai dan ada yang memilih dengan makna menjaga. Pilihan yang mereka buat ini bertujuan untuk menghalang daripada manusia jatuh ke dalam aqidah yang terpesong apabila mengambil makna yang tidak layak daripada lafaz istawa seperti duduk.

Walaupun mereka telah lakukan pilihan makna bagi lafaz istawa akan tetapi pada hakikatnya mereka tetap serahkan pada Allah apakah kehendak sebenar yang Allah ingin maksudkan bagi ayat ini.

Takwilan yang mereka lakukan bertujuan mengelakkan manusia jatuh dalam aqidah mengatakan Allah bertempat dan berarah kerana semakin ke hadapan generasi, semakin kurang penguasaan bahasa dalam kalangan manusia.

Ulama khalaf lakukan ini agar manusia tidak terjerumus ke dalam aqidah mujassimah dan musyabbihah, menyifatkan Allah itu berjisim dan menyamakan Allah dengan makhluk.

Kesimpulannya, mereka menolak makna yang tidak layak dan memilih jalan menentukan makna tertentu daripada makna-makna yang layak bagi Allah akan tetapi tetap menyerahkan kepada Allah hakikat sebenar makna yang Allah kehendak bagi lafaz tersebut.

_____________________________________________

Maka kedua-dua cara salaf dan khalaf ini diterima dalam agama kerana asas kedua-duanya bersepakat pada beriman dengan ayat Al-Quran dan menolak makna yang tidak layak bagi Allah. Tidak benar dakwaan khalaf menolak ayat Al-Quran. 

Ulama salaf berinteraksi secara pukal, istawa pasti bukan dengan makna yang tidak layak tetapi mereka tidak tentukan daripada makna-makna yang layak bagi Allah itu, apakah makna sebenar yang dikehendaki Allah.

Ulama khalaf berinteraksi secara terperinci, istawa membawa makna tertertentu daripada makna-makna yang layak bagi Allah. Tetapi hakikatnya tetap hanya Allah yang tahu apa yang dikehendakiNya bagi lafaz tersebut. 

Adapun golongan yang tidak mengambil jalan ulama sama ada cara salaf atau khalaf seperti golongan wahabi, mereka berinteraksi dengan ayat mutasyabihat secara terperinci akan tetapi dengan cara terpesong.

Mereka telah takwil lafaz istawa dengan makna yang tidak layak bagi Allah. Mereka mengatakan Allah duduk di atas arasy atau menetap di atas arasy tapi bagaimana Dia menetap atau duduk tidak diketahui. Cara mereka ini terbalik daripada cara ulama. Ulama menolak makna yang tidak layak, akan tetapi wahabi ambil pula makna yang tidak layak.

Cara wahabi sangat jauh dengan cara salaf walaupun mereka mendakwa mengikut salaf. Sepertimana tidak boleh seseorang mengatakan Allah tidur tapi tidak seperti tidurnya makhluk. Demikian jugalah tidak boleh mengatakan Allah duduk tapi tak serupa duduknya makhluk kerana penisbahan sifat tidur dan duduk, tidak layak bagi Allah.

Maka barangsiapa yang mengatakan Allah di atas arasy, sesungguhnya dia telah bercanggah dengan pegangan golongan salaf dan khalaf. Menterjemah ayat-ayat Al-Quran secara literal boleh membawa kepada kebinasaan kerana bahasa Al-Quran iaitu bahasa Arab merupakan bahasa yang kaya dengan kosa katanya.

Firman Allah ٱلرَّحۡمَـٰنُ عَلَى ٱلۡعَرۡشِ ٱسۡتَوَى maksudnya Allah menguasai arasy bukan Allah duduk menetap di atas arasy. Arasy merupakan sebesar-besar makhluk secara mutlak dan penguasaan Allah ke atasnya menunjukkan Allah berkuasa ke atas segala ciptaanNya. Jika makhluk paling besar Allah kuasai apatah lagi yang kecil daripada itu.

Pegangan aqidah yang benar ialah Allah ada tanpa tempat. Allah bukan di langit atau di atas arasy atau di mana-mana. Allah wujud tanpa permulaan sebelum Dia mencipta segala sesuatu dan Dia tidak perlukan kepada makhluk ciptaanNya. Sepakat sekalian ulama ahlus sunnah waljamaah salaf dan khalaf bahawasanya Allah ada tanpa tempat.

6 Ayat Penyembuh dalam Al-Qur'an, Dibaca Secara Berurutan

6 Ayat Penyembuh dalam Al-Qur'an, Dibaca Secara Berurutan


Imam Qatadah, ulama Tabiin terkemuka rahmatullah 'alaih berkata, 

"Sungguh Al-Qur'an ini menunjukkan kalian pada sumber penyakit dan obat kalian. Adapun penyakit kalian, maka itu disebabkan dosa dan kesalahan kalian. Sedangkan obatnya adalah istighfar." 

Diriwayatkan bahwa anak Imam Al-Qusyairi (ulama besar 5 hijrah, guru Imam An-Nawawi) menderita sakit parah hingga ia putus asa mencari obatnya. Ia sangat tersiksa melihat anak kesayangannya sakit. Suatu ketika ia mimpi bertemu Allah, lalu ia mengadukan kondisi anaknya. 

Maka Allah Ta'ala berkata: "Kenapa kamu tidak mengamalkan ayat-ayat penyembuh (ayat-ayat syifa'). Imam Al-Qusyairi menjawab: "Aku tidak mengetahuinya." Allah 'Azza wa Jalla berkata: "Kumpulkan ayat-ayat penyembuh untuk kau bacakan pada anakmu lewat air yang akan kau minum dan siramkan padanya." 

Imam Al-Qusyairi melaksanakan hal itu dan biiznillah anaknya sembuh total, seolah anaknya terlepas dari ikatan. Berikut 6 ayat penyembuh dalam Al-Qur'an secara berurutan: At-Taubah: 14, Yunus: 57, An-Nahl: 69, Al-Isra': 82, Asy-Syu'ara: 80, Fushshilat: 44.


1. Surah At-Taubah Ayat 14 قَاتِلُوهُمْ يُعَذِّبْهُمُ اللَّهُ بِأَيْدِيكُمْ وَيُخْزِهِمْ وَيَنْصُرْكُمْ عَلَيْهِمْ وَيَشْفِ صُدُورَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ "Perangilah mereka, niscaya Allah akan menghancurkan mereka dengan (perantaraan) tangan-tanganmu dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kamu terhadap mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman." (QS At-Taubah: 14) 

2. Surah Yunus Ayat 57 يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ "Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS Yunus: 57) 

3. Surah An-Nahl Ayat 69 ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ 

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. 

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS An-Nahl: 69) 

4. Surah Al-Isra' Ayat 82 وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا 

"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (QS Al-Isra': 82) 

5. Surah Asy-Syu'ara Ayat 80 وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ "Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku." (QS Asy-Syu'ara: 80) 

6. Surah Fussilat Ayat 44 وَلَوْ جَعَلْنَاهُ قُرْآنًا أَعْجَمِيًّا لَقَالُوا لَوْلَا فُصِّلَتْ آيَاتُهُ ۖ أَأَعْجَمِيٌّ وَعَرَبِيٌّ ۗ قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ ۖ وَالَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ فِي آذَانِهِمْ وَقْرٌ وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى ۚ أُولَٰئِكَ يُنَادَوْنَ مِنْ مَكَانٍ بَعِيدٍ 

"Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?" Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? 

Katakanlah: "Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh". (QS Fussilat: 44)




Sunday, 24 July 2022

Memahami Syiar

Memahami Syiar

Syiar merupakan tanda, simbol, atau slogan islam yang tampak dari ibadah

syiar ilustrasi

Dok. Republika
syiar ilustrasi
Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Syi'ar mufrad, jamaknya adalah asy'irah atau sya'a-ir artinya adalah moto, lambang, tanda, merek, slogan, atau kain wol yang halus dan lembut yang dipakai di bawah selimut. Syiar menjadi simbol kemuliaan dan kebesaran Islam.

Syiar dengan arti slogan dipakai oleh orang-orang Arab dalam peperangan dan ketika bepergian. Arti slogan ini juga dipergunakan oleh Nabi SAW dalam beberapa hadis. Misalnya hadis yang diriwayatkan Imam at-Tirmizi yang artinya, ''Syiar (slogan) orang mukmin pada Sirathal Mustaqim adalah, 'Ya Allah, selamatkan, selamatkan.' dan dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud yang artinya: ''Syiar (slogan) kami (dalam peperangan) adalah 'matikan, matikan'.

Dalam arti tanda pengenal, syiar disebut dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Abu Dawud yang artinya: ''Syiar (tanda) kaum Muhajirin adalah Abdullah dan syiar kaum Anshar adalah Abdurrahman.'' Dalam arti pakaian yang langsung mengenai kulit badan di bawah selimut, syiar disebut dalam hadis Nabi SAW yang diriwayatkan Imam Bukhari yang artinya: ''Orang-orang Anshar adalah syiar (kain halus penutup badan), sedangkan orang-orang lain adalah disar (selimut).''

Syiar dalam ibadah banyak berhubungan dengan manasik haji, yang berarti tanda-tanda atau tempat melakukan ketaatan kepada Allah SWT. Dalam Alquran, kata syiar tidak disebutkan. Yang disebutkan adalah padanannya yaitu sya'irah dan jamaknya sya'a-ir. Kata sya'a-ir Allah dalam Alquran pada umumnya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan syiar-syiar Allah. Ayat-ayat Alquran yang menyebutkan sya'a-ir Allah (syiar-syiar Allah) adalah surat Al-Baqarah ayat 158, surat Al-Hajj ayat 32 dan 36 serta surat Al-Maidah ayat 2.

Abdullah Yusuf Ali (Bombay, India, 1289 H/1872 M-Lahore 1367 H/1948 M), seorang penerjemah Alquran ke dalam bahasa Inggris, dalam The Holy Quran menjelaskan bahwa sya'a-ir Allah merupakan simbol-simbol Allah SWT yang terdiri atas segala hal yang berhubungan dengan pelaksanaan ibadah haji, seperti: (1) tempat, yakni afa, Marwa, Ka'bah, Arfah dan sebagainya; (2) manasik dan ibadah wajib; (3) larangan-larangan, misalnya berburu dan (4) waktu dan musim pelaksanaan kewajiban haji.

Sedangkan dalam Alquran, syiar-syiar Allah SWT itu diartikan dengan (1) tanda-tanda atau tempat bertaat kepada Allah SWT dan (2) segala amalan yang dilakukan dalam rangka ibadah haji. Di kalangan umat Islam Indonesia, kata syiar juga sering dipakai dengan dihubungkan pada kata Islam, sehingga menjadi syiar Islam. Syiar Islam diartikan sebagai kemuliaan dan kebesaran. 

Secara umum, syiar Islam merupakan tanda, simbol atau slogan Islam yang nampak dari ibadah yang dirayakan secara besar-besaran seperti shalat Idul Adha dan Idul Fitri di lapangan terbuka. Selain itu juga pada kegiatan ke-Islaman yang dilakukan masyarakat Islam seperti perayaan maulid Nabi Muhammad SAW dan perayaan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW. 

disarikan dari buku Ensiklopedi Islam terbitan Ichtiar Baru Van Hoeve

 

Mengagungkan Syiar-syiar Islam 

Abu Zulfa, Lc., M.A. 


November 10, 2018


Mengagungkan syiar-syiar agama Allah adalah ibadah mulia yang membuktikan pengagungan seorang hamba terhadap Rabb-nya, menunjukkan cinta kepada-Nya, dan sebagai bukti nyata kesempurnaan takwa dalam hatinya. Syiar Allah berarti semua bentuk peribadatan yang disyariatkan Allah atas hamba- Nya, juga berarti semua simbol khusus yang menjadi ciri khas agama dan umat Islam. Secara global, pengagungan syiar agama Allah dapat diklasifikasikan ke dalam lima bagian, yaitu: 

Pertama: Pengagungan perintah Allah & Rasul-Nya. Allah Azza wa Jalla berfirman: ذَلِكَ وَمَنْ یُعَظ ِّمْ شَعَائِرَ الله َِّ فَإِنَّھَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ “Demikianlah (perintah Allah). Dan siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS. Al-Hajj: 32). 

Pengagungan perintah Allah meliputi semua rukun Iman dan rukun Islam, Ibadah wajib dan sunnah, serta semua amal saleh yang dianjurkan dalam syariat. Pengagungan ini direalisasikan dengan mencintai segala perintah Allah dan Rasul-Nya dalam hati, kemudian berusaha semaksimal mungkin melaksanakannya dengan sempurna, dengan penuh keikhlasan dan sesuai tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Perintah yang paling agung adalah tauhid, yakni mengesakan Allah Azza wa Jalla dalam niat, segala perbuatan dan perkataan. Karena itu, penyucian akidah dan ibadah dari segala bentuk kesyirikan adalah pengagungan yang paling tinggi dan mulia. 

Kedua: Pengagungan perkara yang diharamkan. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: یَا أَیھَا الذِینَ آمَنُوا لاَ تُحِلُّوا شَعَائِرَ الله َِّ وَلاَ الشھْرَ الْحَرَامَ وَلاَ الْھَدْيَ وَلاَ الْقَلاَئِدَ وَلاَ آمینَ الْبَیْتَ الْحَرَامَ یَبْتَغُونَ فَضْلاً مِنْ رَبھِمْ وَرِضْوَانً 

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syiar-syiar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang- binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya.” (QS. Al-Maidah: 2) 

Baca Juga  Masihkah Kita Membutuhkan “Bid’ah Hasanah?” (Bag. 2) 

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman: ذَلِكَ وَمَنْ یُعَظِّمْ حُرُمَاتِ الله َِّ فَھُوَ خَیْرٌ لَھُم عِنْدَ رَبِّهِم ”Demikianlah (perintah Allah). Dan siapa mengagungkan apa-apa yang terhormat di sisi Allah maka itu adalah lebih baik baginya di sisi Tuhannya.” (QS. Al-Hajj: 30).


Sumber: https://markazinayah.com/mengagungkan-syiar-syiar-islam/ | Markaz Inayah

Saturday, 23 July 2022

Doa pelaris

Doa pelaris

Baca bila buka pintu

Surah al hijr ayat 9

 9. Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.

Thursday, 21 July 2022

Ridha Menjadikan Allah Sebagai Tuhannya, Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam Sebagai Nabinya Dan Islam Sebagai Agamanya


Ridha Menjadikan Allah Sebagai Tuhannya, Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam Sebagai Nabinya Dan Islam Sebagai Agamanya

Buah Dari Mengucapkan Dzikir Ini

Adapun buah dari Ridha terhadap tiga hal di atas, adalah sebagai berikut:

1. Akan mendapatkan manisnya iman, sebagaimana sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam:


"ذاق طعم الإيمان من رضي بالله رباً وبالإسلام ديناً وبمحمد صلى الله عليه وسلم رسولاً".

"Akan merasakan kelezatan iman orang yang ridha menjadikan Allah sebagai Tuhannya, Islam sebagai agamanya dan Muhammad sebagai Rasulnya."

Dan barangsiapa yang mendapatkan rasa manis tersebut, niscaya rintangan-rintangan dan masalah-masalah duniawi tidak akan menyulitkan dan menyusahkan hidupnya.

2. Diampuni dosa seseorang yang rutin membacanya setelah mendengar adzan, sebagaimana hadits dalam Shahih Muslim, dari Shahabat Sa'ad bin Abi Waqqash radhiyallahu 'anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:


"من قال حين يسمع المؤذن: أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأن محمدا عبده ورسوله. رضيت بالله ربا وبمحمد رسولا وبالإسلام دينا، غفر له ذنبه"

"Barangsiapa yang ketika mendengar adzan membaca do'a berikut ini, maka ia akan diampuni dosanya:


أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا
وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا

3. Menjadikan orang yang mengucapkannya masuk ke dalam Surga, sebagaimana hadits yang diriwayatkan dalam hadits Abu Sa'id al-Khudri radhiyallahu 'anhu di atas.

4. Mendapatkan keridhaan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala pada hari Kiamat, sebagaimana hadits dari Tsauban radhiyallahu 'anhu, pembantu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:


"من قال حين يمسي: رضيت بالله رباً، وبالإسلام ديناً، وبمحمد نبياً، كان حقا على الله أن يرضيه"

"Barangsiapa yang ketika memasuki sore hari mengucapkan: رضيت بالله رباً، وبالإسلام ديناً، وبمحمد نبياً maka ia berhak untuk diridhai oleh Allah."

Hadits ini telah dihasankan oleh sejumlah ulama, dan Syaikh al-Albani rahimahullah menyatkannya dha'if (lemah)sebagaimana dalam Silsilah al-Ahadits adh-Dha'ifah (11/33 no 5020), dan beliau rahimahullah mengkritisi para ulama yang menyatakan bahwa hadits tersebut hasan, namun hadits yang seperti ini adalah di antara hadits yang diamalkan/dipakai dalam masalah Fadha'il A'mal. Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala Mahamemiliki karunia yang agung.

Hadits ini sekalipun dha'if(lemah) menurut sebagian ulama, namun maknanya shahih, karena orang yang telah diampuni dosanya dan dimasukkan ke dalam Surga tentu saja ia telah mendapatkan keridhaan dari Allah. Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala telah mengabarkan banyak ayat bahwa Dia Subhanahu wa Ta'ala telah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha terhadap-Nya.

5. Akan termasuk orang yang mendapatkan kemuliaan di hari Kiamat, karena ia dijamin dan akan dituntun oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam hingga masuk ke dalam Surga. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam:


"من قال إذا أصبح: رضيت بالله رباً، و بالإسلام ديناً، وبمحمد نبياً، فأنا الزعيم لآخذنَّ بيده حتى أدخله الجنة"، حجر فيما

"Barangsiapa yang di pagi hari mengucapkan رضيت بالله رباً، و بالإسلام ديناً، وبمحمد نبياً , maka aku menjamin untuk mengambil tangannya (menuntunnya), hingga aku memasukkannya ke dalam Surga." (Hadits ini dibawakan oleh imam al-Munziri dalam at-Targhib wat Tarhiib dengan sanad hasan dan dimasukkan oleh Syaikh al-Albani rahimahullah ke dalam Silsilah ash-Shahihah)

Maka sungguh besar faidah dan balasan yang akan didapatkan oleh seseorang jika membaca do'a atau dzikir ini. Namun tentunya yang harus diperhatikan adalah bahwa balasan tersebut tidak diberikan hanya dengan sekedar membacanya saja, akan tetapi balasan dan faidah tersebut akan diberikan bagi yang memenuhi syaratnya, yaitu beramal dengan konsekuensinya sebagaimana juga balasan terhadap orang yang mengucapkan لا إله إلاّ الله , maka balasan tersebut akan diberikan kepada orang yang mengucapkannya, dan merealisasikan konsekwensinya.

Dan sebelum itu semua, ia akan mendapatkan kemantapan dan kekokohan dalam hidup ini, dan juga di alam kubur ketika ditanya oleh Malaikat. Kita memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar memberikan ilham kepada kita untuk mengucapkannya dan untuk memudahkan kita untuk merealisasikan konsekuensinya, dan agar Dia Subhanahu wa Ta'ala memberikan kemantapan kepada kami dan anda sekalian dengan al-Qaulu ats-Tsabit di Dunia dan Akhirat.

Baca ayat ini bila mulai ucapan




إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ
 أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.

وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. 
اما بعد....